RESEP AGAR AGAR LAPIS KELAPA MUDA

Resep agar agar lapis kelapa muda berikut ini adalah variasi dari resep agar-agar yang kini sudah banyak dikembangkan. Bagi Anda yang menyukai hidangan dengan rasa kelapa maka varian agar-agar ini merupakan salah satu resep yang tepat untuk dicoba.
Ya, karena variasi rasa untuk membuat agar-agar tentunya tidak harus mengacu pada cokelat, pandan, atau varian rasa yang lainnya saja. Melainkan dapat juga menggunakan bahan seperti kelapa muda untuk membuat varian agar-agar yang berbeda.


RESEP AGAR AGAR LAPIS KELAPA MUDA
Namun memang untuk membuat varian agar-agar lapis kelapa muda ini akan membutuhkan posses yang sedikit lebih lama. Penasaran dengan resepnya? Inilah resep agar agar lapis kelapa muda beserta cara pembuatannya.

Bahan untuk lapisan agar-agar putih :
Agar-agar serbuk plain/tanpa rasa sebanyak 1 bungkusKelapa muda sebanyak 1 butir, lalu keruk kasar daging kelapanyaSantan sebanyak 500 mlTelur sebanyak 1 butir, kemudian kocok lepasEsens kelapa sebanyak ½ sendok tehGula pasir sebanyak 100 gram

Bahan untuk lapisan agar-agar cokelat :
Agar-agar serbuk plain/tanpa rasa sebanyak 1 bungkusGula merah sebanyak 200 gramAir sebanyak 750 ml

Bahan untuk saus santan :
Santan sebanyak 200 ml, dari ½ butir kelapaGaram sebanyak ½ sendok tehDaun pandan sebanyak 1 lembar, dapat di ikat simpul

Cara membuat :
Agar-agar lapis berwarna putih :
Pertama-tama didihkan santan terlebih dahulu sambil di aduk perlahan, setelah mendidih angkat dan dinginkan.Pisahkan bagian santan yang kental di permukaannya, kemudian masukan gula pasir dan agar-agar pada sisa santan cair dan didihkan.Langkah selanjutnya yakni memasukan kelapa yang di keruk kemudian aduk sebentar dan angkat adonan.Setelah itu, masukan santan kental, esen kelapa, dan telur kocok, aduk hingga semua bahan tercampur rata.Siapkan loyang terlebih dahulu kemudian tuangkan adonan agar-agar tadi dan biarkan hingga dingin dan mengeras.Setelah mengeras, keruk agar-agar tersebut menggunakan sendok dan sisihkan terlebih dahulu.
Agar-agar lapis berwarna cokelat :
Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah merebus air bersamaan dengan agar-agar serbuk dan gula merah hingga mendidih. Setelah itu angkat dan saring rebusan agar-agar tersebut.Siapkan loyang kemudian basahi dengan air terebih dahulu, tuangkan sekitar 2 sendok sayur adonan agar-agar tadi kedalam loyang lalu sisa adonan panaskan kembali di atas api kecil (pada taraf paling kecil).Setelah itu, masukan kerukan agar-agar putih pertama tadi secukupnya dan biarkan hingga adonan menjadi dingin dan setengah membeku.Langkah selanjutnya yakni menuangkan kembali adonan agar-agar berwarna cokelat lalu masukan kembali kerukan agar-agar yang berwarna putih pada adonan tersebut. Lakukan cara tersebut hingga seluruh adonan agar-agar habis.Agar tampilannya lebih menarik, maka usahakan agar-agar yang berwarna cokelat berada pada lapisan paling atas.Dinginkan agar-agar tersebut hingga seluruhnya mengeras sempurna.
Saus santan :
Untuk membuat saus santan, didihkan semua bahan sambil terus di aduk perlahan agar santan tidak pecah.Setelah mendidih, angkat santan dan dinginkan sambil di aduk perlahan.Dan langkah terakhir yakni menghidangkan agar-agar tadi di atas piring saji, kemudian siram dengan saus santan di atasnya. Agar-agar lapis kelapa dengan saus santan hasil kreasi Anda pun siap dihidangkan.


Demikian sobat Resep One, Resep Agar-agar sederhana yang bisa anda coba dirumah dan pastinya di dapur kesayangan anda. Jangan lupa bagikan resep ini kepada teman-teman yang lain ya sobat Resep One, semoga apa yang admin berikan ini bermanfaat untuk semuanya. Akhir kata, admin ucapkan selamat melakukan aktifitasnya kembali dan jangan lupa untuk mencoba resep lainnya yang ada di blog ini, serta untuk melihat semua jenis resep kue yang ada di blog Resep One.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel